Jumat, 11 Januari 2013

siapkah koperasi indonesia di era globalisasi


Siapkah koperasi Indonesia di Era Globalisasi???

        Jika ditanya tentang siapkah koperasi indonesia di era globalisasi ?? maka jawabannya sudah pasti kita tebak ialah belum siap untuk menghadapi era globlalisasi sekarang. Dikarenakan yaitu: masalah masalah dari dalam koperasi itu sendiri seperti:

        Koperasi di Indonesia dibilang tidak ada  perkembangan yang menggembirakan untuk menhadapi era globalisasi. Koperasi Indonesia masih menghadapi masalah-masalah di bidang kelembagaan maupun di bidang usaha koperasi itu sendiri. Masalah-masalah tersebut yaitu ;
1) bersumber dari dalam koperasi
2) dan dari luar koperasi
Masalah

1.    SDM (sumber daya manusia) yang kurang profesional dan kualitas yang masih dibawah standar.
2.   Keadaan keanggotaan ditinjau dari segi kuantitas tercermin dari jumlah anggota yang semakin lama semakin berkurang. keanggotaan koperasi yang ada sekarang belum menjangkau masyarakat.
3.   manajemen pelaksanaan koperasi yaitu kurangnya anggota koperasi yang cukup berpengalaman dalam melakukan pengelolaan koperasi. karena anggota yang berpengalaman akan memberikan dampak yang positif pada suatu koperasi.
4.   modal yang sulit didapat. Karena Kebiasaan masyarakat Indonesia yang tidak mau berorganisasi dan mencoba, mereka hanya ingin instant hanya dengan mengeluarkan modal bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Koperasi menjadi tidak berkembang karena pengetahuan dari anggota koperasi yang masih rendah, hal itu terjadi karena sosialisasi yang belum optimal. Karena pengetahuan yang minim itu, manajemen koperasi menjadi belum professional untuk bertindak. Padahal sebenarnya anggota koperasi juga merupakan bagian dari kepemilikan koperasi sehingga merka berhak untuk berpartisipasi untuk kemajuan koperasi itu sendiri.

        Oleh karna itu Koperasi Indonesia perlu melakukan pembaharuan atas hal-hal dalam koperasi yakni;
-      perubahan paradigma dalam pembangunan ekonomi di sektor koperasi
-      pemulihan jati diri koperasi. sehingga rasa kebersamaan yang terwujud dalam jati diri koperasi tidak akan luntur
-      jangan memanjakan para pegawai koperasi dengan fasilitas-fasilitas yang “mewah”.

        Harapan terhadap koperasi adalah agar dilakukan pembaharuan baik itu dari internal ataupun eksternal koperasi. Agar mampu bersaing di era sekarang dan tidak menjadi mati atau layu terhadap pertumbuhan penduduk yang makin maju. Dan memajukan koperasi kembali kepada tujuan-tujuan koperasi yaitu; Mewujudkan kondisi yang mampu menstimulan, mendinamisasi dan memfasilitasi, Menumbuhkan iklim usaha yang kondusif bagi pengembangan usaha koperasi dan UMKM, Meningkatkan produktivitas, daya saing dan kemandirian, Mengembangkan sinergi dan peran serta masyarakat dalam dunia usaha, dan Memberikan pelayanan publik yang berkualitas, cepat, tepat, transparan dan akuntabel.
        Itulah yang harus dilakukan agar koperasi bisa siap untuk bersaing dalam era globalisasi.

http://gunadarma.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar